ADMINISTRASI KELOMPOK
Pengertian
Administrasi adalah pencatatan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan keadaan dan perkembangan kelompok
Tujuan
Sebagai alat control
Sebagai alat dokumentasi
Sebagai alat / bahan pengambilan keputusan
Sebagai alat memonitor perkembangan kelompok
Sebagai alat evaluasi
Sebagai alat pemupukan kepercayaan anggota
Jenis-jenis administrasi
1. Administrasi Organisasi
Segala pencatatan yang berkaitan dengan organisasi secara umum
Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kelompok, partisipasinya dalam kelompok, permasalahan, dan keputusan-keputusan yang pernah diambil
Administrasi ini umumnya dikerjakan oleh Sekretaris
Beberapa buku yang dipoerlukan antara lain ;
o Buku daftar anggota
o Daftar hadir pertemuan
o Buku Daftar pengurus
o Buku Notulen Pertemuan
o Buku Tamu
o Buku Bimbingan
2. Administrasi keuangan
Pencatatan yang berkaitan dengan kekayaan kelompok
Untuk mengetahui kondisi kekayaan kelompok dengan jelas dan transparan
Untuk pengawasan dalam pengelolaan permodalan kelompok
Karena sangat pentingnya administrasi keuangan ini sehingga dapat dikatakan bahwa NILAI ADMINISTRASI INI SETARA DENGAN NILAI UANGNYA ATAU BAHKAN LEBIH DARI ITU.
Model pembukuan kelompok dibuat sederhana, muidah dikerjakan dan mudah dipahami.
Umumnya pembukan ini dikerjakan oleh bendahara kelompok
Beberapa buku yang diperlukan ;
o Buku Kas harian
o Buku Tabungan anggota
o Buku Pinjaman
o Laporan Rugi/ laba
o Neraca
Dengan tertib administrasi semua jadi lancar, bisa dipertanggungjawabkan, kepercayaan anggota bertambah dan kelompok jadi berkembang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar